SURABAYA.8/2/2018. Masjid memiliki fungsi untuk beribadah (ritual) sholat. Masjid sebagai tempat bersujud, berdoa, dan berdzikir untuk mengingat Allah SWT. 
Lain daripada itu, masjid memiliki fungsi muamalah (sosial, ekonomi, politik, dan budaya). Secara ekonomi, keberadaan masjid berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat sekitarnya.
Sebagai ilustrasi, Masjid  Sunan Ampel Surabaya, dapat dikatakan sebagai magnet perputaran uang bagi masyarakat sekitarnya. Banyak usaha kecil dan menengah dengan berbagai jenis produksi yang laku terjual karena banyaknya pengunjung lokasi masjid dan makam Sunan Ampel.
Contoh lain adalah area sekitar Masjid Al Akbar Surabaya. Lebih-lebih pada akhir pekan dan  hari libur banyak masyarakat menengah bawah yang diuntungkan secara ekonomis. 
 
Satu tahun terakhir, khususnya para aktivis keislaman Masjid Nuruz Zaman Universitas Airlangga, bergeliat untuk melakukan kegiatan bisnis. Berkaitan dengan hal itu berdirilah Koperasi  Syariah Al Maun Berkah Madani Jawa Timur. 
Salah satu aktivitasnya adalah  usaha di bidang kuliner berupa Pujasera berlokasi di serambi sebelah kiri Masjid Nuruz Zaman, kampus B, Universitas Airlangga.  Keberadaan masjid ini terintegrasi dengan kampus dapat menginspirasi para alumni aktivis  masjid yang berjiwa entrepreneur.  
Walaupun usaha kuliner ini belum genap satu tahun, respon para konsumen dan tenant sangat positif. ( Tubiyono)