Surabaya, 13/1/2018. Tourindo GKS mengadakan sosialisasi pemberangkatan calon jemaah haji 2018 M/11439 H, Sabtu 13/1, di Aula Graha Tourindo Jemur Sari Nomor 3 Surabaya. Sosialisasi pemberangkatan jemaah haji disampaikan oleh Direktur Tourindo GKS, Hj. Dra.Yuli Rachamawati. Selain itu, Kakanwil Kemenag Jatim yang diwakli oleh Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah, H. Mahsun Zein, M.Si. juga memberikan materi kepada calon jemaah haji Tourindo.

            Pada kesempatan itu, H. Mahsun Zein berpesan kepada calon jemaah haji Tourindo mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Persiapan mental sangat penting apalagi pemberangkatan haji harus menunggu antiran panjang, walaupun ikut Tourindo GKS antriannya tidak sepanjang jemaah haji reguler. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman manajemen stres personal sampai musim pemberangkatan haji tiba. Jika mental tidak dikelola dengan baik, dapat menimbulkan efek negtif lain.

            Persiapan secara fisik juga sangat penting karena ibadah haji tidak semata-mata perjalanan ruhani, tetapi juga fisik. Terkait dengan hal itu dari sekarang supaya dibiasakan berolah raga secara teratur sehingga bisa menjadi bagian hidup sehat sehari-hari. (Tubiyono)