SURABAYA, 7/8/2017. “Allah tidak memanggil orang yang sudah kaya atau cukup rezekinya untuk berhaji, tetapi Allah akan mencukupi rezeki orang yang dipanggil ke Baitullah” demikian ungkap Ustadz Syaiful Subari, pembimbing haji khusus PT TOURINDO GKS, ketika memberikan materi Training Camp (TC), Jumat, 4/8/2017, di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.
Banyak orang yang sudah berlebih rezekinya tetapi hatinya belum merasa dipanggil karena masih banyak perhitungan dan pertimbagan. Sebaliknya, kadang ada orang yang belum berlebih rezekinya, tetapi ada magnet yang kuat rindu ke Baitullah, ternyata Allah SWT mencukupkan rezekinya. Hal ini yang perlu direnungkan mengapa bisa demikian. “Iman” atau keyakinan terhadap Allah SWT yang Maha Suci, Maha Kuasa, Maha Kaya, dan Maha Kuat sehingga dapat memotivasi diri dan tidak merasa takut sedikit pun.


Seseorang yang sangat yakin, percaya, “iman” kepada Allah SWT yang mengatur segala urusan baik ada di bumi dan di langit. Masalah rezeki di tangan-Nya. Semua dalam kuasa Allah SWT sehingga tidak ada hal yang diragukan.

Sebagai tambahan, calon jamaah haji (calhaj) ini pelaksanaannya sengaja diisolasi. Diisolasi atau dijauhkan dari keramaian dan hiruk-pikuk kesibukan kota, jauh dari pusat perbelanjaan seperti mall agar semua calhaj fokus dalam memahami materi TC ini.
Kegiatan TC ini sebagai bentuk media edukasi bahwa nanti dalam melakukan ibadah haji yang sesungguhnya bannyak hal yang harus dikorbankan. Pengorbanan yang berkaitan dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat, kenegaraan (kedinasan), dan pengorbanan lainnya.(Tubiyono)