SURABAYA, 14/5. Dalam rangka menyongsong musim haji  1438 H/2017 M, PT Tourindo Gks melaksanaan persiapan ibadah haji. Agar para jamaah dapat menjadi haji mabrur/mabruroh, maka PT Tourindo Gks memberikan pelatihan tata cara pelaksanaan ibadah haji yang disebut dengan istilah manasik. Kata manasik secara etimologis berasal dari bahasa Arab nasaka yang berarti ibadah. Istilah manasik  berarti  berbagai tata cara ibadah , khusunya beribadah haji dan umroh, merupakan bentuk jamak dari kata mansakun.

                Manasik haji khusus yang tergabung dalam Tourindo Gks dilaksanakan Minggu, 14 Mei 2017, di Graha Tourindo, Jalan Jemur Andayani  No. 3 Surabaya.  Narasumber dalam manasik haji disampaikan oleh Ustadz Rahmad Hasan alumnus Pondok Pesantren Gontor. Para jamaah haji khusus diberikan knowledge tentang cara-cara beribadah haji supaya dalam pelaksanaannya benar sesuai dengan tuntunan Rasululloh SAW.

                Hal yang tidak kalah pentingnya untuk persiapan perjalanan musim haji tahun ini adalah masalah kesehatan. Terkait dengan hal itu, PT Tourindo Gks dalam memberikan servis kepada para jamaah calon haji khusus yang  telah bergabung di dalamnya, secara khusus mendatangkan dr Arif Bakhtiar, anggota Persatuan dokter haji (Perdokhi) Jawa Timur. Diharapkan para calon jamaah haji khusus Tourindo Gks melakukan persiapan diri sejak dini agar dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekah Almukaromah cepat beradaptasi. Sebagai ilustrasi, keadaan suhu dan kelembaban udara di Indonesia dan di Mekah sangat bebeda sehingga perlu membiasakan diri sejak saat ini memakai pelembab (kulit) agar tidak pecah-pecah.

                Calon jamaah haji PT Tourindo Gks tahun ini merupakan manasik haji yang ketiga yang lebih fokus tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji. Manasik haji yang pertama dilaksanakan  Maret 2017 materi difokuskan tentang niat dalam bahasa Jawa nata ati agar dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh dapat diterima Allah SWT.  Manasik haji yang kedua dilaksanakan April 2017  materi yang diberikan lebih fokus beribadah umroh. Pelaksanan manasik haji secara teoretis ini semuanya dilaksanakan pada tempat yang sama yaitu di Graha Tourindo, Jalan Jemur Andayani No 3 Surabaya. (tubiyono)