SURABAYA. 17/7/2017. H. Torino Junaidi adalah jamaah haji khusus Tourindo 2015. “Alhamdulilah ...alhamdulillah ... alhamdulillah”. Ungkapnya secara spontan ketika mendapatkan hadiah tiket umrah gratis pada acara halalbihalal Tourindo di Pendapa Kabupaten Lamongan, Sabtu, 15 Juli 2017.
Pada kesempatan itu dikatakan, “Alhamdulillah... saya bisa berubah. Dulu sebelum melaksanakan haji sering ‘cengengesan’, sekarang tidak lagi. Terima kasih Tourindo yang telah membimbing kami sekeluarga sehingga bisa melaksanakan rukun islam yang kelima”.
Ketika ditanya kenapa bisa berubah tidak ‘cengengesan’ lagi. Jawabnya, “Saat melaksanakan haji ada seseorang yang perutnya sakit mau buang air besar, teriak-teriak, lalu saya katakan ‘ya golek toilet masa masjid sakmene gedhene gak ada toilet. Setelah bilang begitu, langsung perut saya sakit luar biasa dan akan buang air besar sampai teriak-teriak, lalu disarankan Pak Faried mencari toilet. Anehnya setalah saya menemukan toilet sakitnya hilang”. Sejak itulah H. Torino Junaidi menyadari bahwa manusia tidak boleh sombong, tidak boleh abai terhadap apa pun yang dihadapi baik diri sendiri maupun orang lain. (Tubiyono)